Peraturan

Uncategorized | No comments

Sekadar ilustrasi, ketika pelaku UMKM ingin jadi supplier retail modern. Namun, sistem pembayarannya memberatkan mereka, misalnya, hanya barang laku yang dibayar atau pembayaran dilakukan per tiga bulan. Rakyat juga semakin tergerus dengan masuknya value creation yang didorong finansial semesta atau pengusaha besar, sehingga UMKM makin ke rusuk, makin lenyap. Pemberdayaan UMKM dengan model bisnis kemitraan antara UMKM berbasis komoditas/produk dengan usaha besar tentu merupakan program strategis.

Kemitraan sebagai satu strategi guna meningkatkan daya saing dan memperluas pasar produk UMKM. Kemitraan yang diwujudkan ialah kemitraan yang sehat, saling menguntungkan, membutuhkan, dan saling memperkuat, sehingga menjadi kemitraan yang berkesinambungan. Dalam suasana inilah pelibatan KPPU pada mengawasi program kemitraan usaha besar dengan UMKM medapati relevansinya. Kerja sama ini sangat penting untuk sinergi melakukan perlindungan dan meninggikan UMKM. Adapun sanksi dengan akan diberikan tujuannya bukan semata untuk menghukum tapi supaya sama-sama maju. Beserta demikian, proses yang dijalani KPPU lebih pada pencegahan dan perbaikan. Jika ada kemitraan yang belum lari baik akan didorong agar bisa berlangsung secara rupawan.

Penalti ini diberikan jika pengatur usaha tidak mematuhi peringatan tertulis sebanyak tiga kesempatan berturut-turut dalam tenggang ruang yang ditetapkan KPPU serta tetap tidak melakukan pemeriksaan. Jadi posisi KPPU sejatinya menjadi semakin powerful utamanya dalam mengawasi program kemitraan ini. Hermawan menyarankan, perilaku menerapkan protokol kesehatan mencita-citakan pengawasan.

Salah satu yang tampan ditiru adalah Riva Firdaus Hassan yang memiliki ketertarikan di dunia otomotif. Minatnya itu mendoronya mengembangkan bisnis salon dan cuci mobil di bawah bendera bisnis Autoclean Waterless, Februari 2016. Dalam mewujudkan pola komitmen sama yang fair tersebut, agenda yang bukan boleh dilupakan adalah memberikan edukasi kepada para pelaku UMKM agar memahami pentingnya perjanjian kemitraan dibuat dalam bentuk tertulis serta memahami kedudukan getah perca pihak yang harus sebanding dalam perjanjian kemitraan. Nah ini yang akan kita edukasi, sehingga ada kepanikan pelaku usaha besar guna diproses hukum.

Pemerintah demi mendorong kemitraan antara bisnis skala besar dengan koperasi dan Usaha Mikro Imut dan Menengah guna mengakselerasi program pemberdayaan tersebut. Benih, sampai kini UMKM tetap memiliki sejumlah kendala cantik dari sisi pembiayaan maupun mengembangkan usahanya. Selama ini masih banyak pelaku UMKM kesulitan mendapatkan akses kredit perbankan karena terkendala teknis dan non teknis. Misalnya, UMKM tidak memiliki pas agunan untuk mendapatkan kucuran dana dari perbankan. Di kegiatan usahanya, pelaku UMKM sulit berkembang atau masuk ke pasar yang kian luas.

Karena itu, KPPU bakal melakukan kajian hubungan kemitraan antara pengusaha besar dan UMKM. Jika ditemukan kemitraan yang tidak seimbang, tujuannya menguasai kami minta cepat diubah. Namun demikian, ketika proses peringatan sudah dilakukan dan tidak diindahkan, oleh karena itu hokum haruslah ditegakkan.

Tags:  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>